Aksesibilitas

Untuk mencapai sebuah tempat tentunya di perlukan informasi mengenai akses jalan menuju tempat tersebut. Nah untuk menuju pulau Moyo ini ada beberapa moda transportasi yang bisa kita gunakan.
pertama kita bisa menggukan jalur darat dan laut. Jika anda berangkat dari jakarta anda dapat menggunakan bus dengan tujuan Jakarta – Sumbawa. harga bus di perkirakan sekitar Rp 500.000-,*) perorang. karena jaraknya yang cukup jauh Jakarta – sumbawa bisa memakan waktu 2 hari. setelah tiba di Sumbawa anda dapat melanjutkan perjalanan ke Mataram dengan menggunakan bus Mataram-Sumbawa dengan tarif Rp 65.000-,*) per orang atau anda dapat menggunakan travel dengan tarif Rp 70.000-,*) per orang dengan waktu tempuh 3-4 jam. Dari Mataram kita dapat melanjutkan perjalanan dengan rute Mataram  – Pelabuhan Kayangan Lombok dengan waktu tempuh 2 jam. setelah itu kita menyebrang ke Pelabuhan Poto Nano, perjalanan darat dilanjutkan menuju Sumbawa Besar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

mounttamboracom2
sumber: maunttambora.com

 Alternatif transportasi kedua adalah dengan menggunakan jalur udara. Dari jakarta anda dapat menggunakan pesawat dengan rute Jakarta Sumbawa. Sumbawa Besar menuju Pulau Moyo dilakukan dengan menyeberang dari Pelabuhan Muara Kali. Transportasi yang bisa kita gunakan adalah kapal rakyat yang tiba dari Moyo pukul 09.00 pagi dan berangkat lagi pada 11.30 siang. Kapal motor ini bertarif mulai Rp. 20.000,- hingga Rp. 25.000,- per orang. Kapal ini akan membawa kita mengarungi perairan selama 2 jam. karena jadwal keberangkatannya satu kali setiap hari, sehingga Anda harus menunggu keesokan harinya untuk kembali ke Sumbawa. Atau jika tak mau menginap, kita bisa menyewa perahu motor nelayan setempat dengan traif Rp. 400.000,- hingga Rp. 600.000,-.

Nah jika waktu Anda tak banyak, rogoh kocek lebih dalam untuk menyewa speed boat milik swasta dengan tarif Rp. 3.000.000,- untuk rute Pulau Moyo – Sumbawa PP dengan waktu tempuh 30 menit sekali jalan. Kapal motor cepat ini bisa kita gunakan untuk mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh.

tripadvisorcoid

Sumber: tripadvisor.co.id

Sedangkan aksesibilitas untuk mencapai destinasi wisata antara lain:
Untuk mencapai Tanjung Pasir, kita dapat pergi melalui Sumbawa Besar dengan perahu motor nelayan sekitar 1,5 jam. Tempat yang paling dekat untuk mencapai Tanjung Pasir adalah dari desa Ai Bari dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dengan menggunakan perahu motor nelayan. Desa ini dapat ditempuh dengan kendaraan dari Sumbawa Besar sekitar 1 jam.

untuk mencapai Ai Manis, Perjalanan dengan kapal motor nelayan dari pantai kencana dapat ditempuh selama 60 menit atau dari Tanjung Pasir selama 20 menit.

untuk mencapai Takat Sagele, Hanya diperlukan waktu kurang dari 20 menit dengan kapal dari dusun Labuan Aji untuk mencapai takat Labuan Aji.

untuk mencapai Air terjun mata jitu, Air terjun ini dapat ditempuh dari desa Labuan Aji dengan sepeda motor atau ojek sekitar 30 menit dengan membayar ongkos ojek dan kontribusi ke dusun Labuan Aji.

Untuk mencapai Diwu M’bai, Air terjun ini bisa dicapai dengan jalan kaki atau sekitar 20 menit dengan motor dari dusun Labuan Aji.

sumber:

lombok.panduanwisata.com

jalan2.com

pulaumoyo.com

Advertisements

7 thoughts on “Aksesibilitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s